Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Dinas LH Kota Metro Adakan Kegiatan Tanam Pohon

Dlh.metrokota.go.id— Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro mengadakan kegiatan tanam pohon di objek wisata Dam Raman, Metro Utara, pada selasa pagi (28/11).

Acara ini dihadiri 200 peserta yang terdiri dari unsur pemerintahan dan masyarakat. Jumlah pohon yang yang akan ditanam adalah 15 ribu pohon. Sebelas ribu bibit diantaranya akan didistribusikan ke 22 kelurahan,  setiap kelurahan akan mendapat kurang lebih 500 bibit pohon.

Jenis pohon yang akan ditanam adalah pohon buah-buahan seperti pohon sirsak, jambu jamaika, pohon durian, pohon mangga, pohon rambutan, dan pohon alpukat. Jenis pohon lain yang juga ikut ditanam adalah pohon terbesi, pohon cempaka, pohon ketapang dan pohon salam. Pohon ini selain didanai oleh pemerintah, beberapa pohon merupakan sumbangan dari pengusaha kota metro, diantaranya dari Taman Palem Indah, BSB Asih dan Prodia Cabang Metro.

Tema kegiatan ini adalah “Kerja Bersama Makmurkan Rakyat dan Lestarikan Alam”. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Eka Irianta dalam laporannya menyatakan, “Dalam pelaksanaan HMPI mengusung tema Kerja Bersama Makmurkan Rakyat dan Lestarikan Alam. Dengan tujuan, untuk mewujudkan Kota Metro menjadi Kota yang bersih, hijau dan asri. Serta guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup sebagai pendukung visi Kota Metro, sebagai Kota Pendidikan dan destinasi wisata keluarga.”

Ditemui terpisah, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro, Yerri Noer Kartiko mengatakan bahwa harapan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran  masyarakat akan pentingnya melakukan konservasi alam, dan menanam pohon merupakan salah satu usahanya. Menurutnya, konservasi ini penting di saat kondisi bumi yang sudah semakin memanas. “kegiatan ini menjadi momentum bagi kita untuk kembali mengingat, bahwa alam sudah mulai menunjukan indikasi penurunan kualitas, maka dari itu kita perlu melakukan tindakan yang nyata mulai dari menanam pohon.” Pungkas Yerri.

Hadir dalam acara ini Wakil Walikota Metro Djohan yang membacakan sambutan dari Wali Kota Metro. “Sesuai dengan prinsip kelestarian, kita harus prihatin kondisi alam kita saat ini yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, mari kita perangi secara terus menurus hingga alam menjadi lestari. Salah satunya dengan menanam pohon, guna memperbanyak ruang terbuka hijau,” ungkap Djohan.

Selain memberikan sambutan, Wakil Walikota Metro yang didamping Anggota Fokorpimda Metro juga menyerahkan piagam dan trophy penghargaan Adiwiyata Kota Metro Tahun 2017 kepada SDN 4 Metro Selatan, SD Kristen BPK Penabur Metro, SD Pertiwi Teladan Metro, MIN 3 Metro dan SMP Muhammadiyah 1 Metro.

Diakhir acara, secara simbolik Jajaran Pemerintahan Kota Metro melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi acara. Sedangkan sebagian peserta dari Dinas-dinas di Kota Metro melakukan penanaman pohon di Pulau Bengkok di Dam Raman. Untuk menuju lokasi, peserta menaiki kapal motor yang disediakan oleh pengelola Wisata Dam Raman. (TN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *